naonnya

Jumat, 03 Desember 2010

ATOM DAN MOLEKUL
STRUKTUR INTERNAL ATOM
Menurut Bohr atom adalah suatu struktur
yang terdiri dari inti bermuatan positif yang
dikelilingi oleh elektron-elektron yang mengorbit.
Elektron akan jatuh ke dalam inti bila tanpa gaya centrifugal dalam gerakannya agar dapat mengimbangi penarikan inti. Makin dekat elektron ke inti atom maka penarikannyapun semakin kuat. Gambar 1.1 dibawah ini merupakan penggambaran bentuk atom yang rumit.
Muatan atau besarnya listrik negatif dan massa elektron diketahui berturut-turut sama dengan 1,6 x 10-19 C (coulomb) dan 9,11 x 10-31 kg.
Gambar 1.2a merupakan penggambaran dari atom silikon terisolir yang memiliki 14 proton dalam intinya, dimana terdapat dua elektron pada orbit pertama,delapan pada orbit ke dua dan empat pada orbit terluar atau valensi.
Gambar 1.2b menggambarkan bentuk dari atom germanium terisolir yang memiliki 32 proton pada intinya, dimana terdapat 32 elektron yang mengorbit.
Kesamaan dari atom silikon dan germanium adalah memiliki 4 elektron pada orbit valensinya.
Jari–jari Orbit
Tiap elektron dapat bergerak mengelilingi inti atom hanya pada orbit-orbit tertentu yang diizinkan, hal tersebut disebabkan karena elektron dalam waktu yang bersamaan berlaku sebagai partikel dan juga sebagai gelombang.
Level Energi
Tiap elektron membutuhkan energi untuk dapat pindah dari orbit yang satu ke orbit yang lain. Orbit pertama (yang paling dekat dengan inti) menyatakan level energi pertama, orbit kedua adalah level energi ke-2 dan seterusnya.Makin tinggi level energi, makin besar energi elektron dan makin besar orbitnya.
Jika terdapat energi dari luar seperti panas, cahaya dan radiasi lain membom atom , maka hal ini akan mengangkat elektron ke level yang lebih tinggi, dalam kondisi ini atom berada di keadaan eksitasi.
Dimana kondisi ini tidak akan berlangsung lama karena eletron akan kembali ke level energi semula denga melepaskan energi yang diterimannya dalam bentuk panas, cahaya atau radiasi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.